Tradisi Natal Paling Unik di Seluruh Dunia

Tradisi Natal Paling Unik di Seluruh Dunia

Natal pastinya akan menjadi sebuah hari yang paling ditunggu oleh umat Kristiani, selain itu bulan ini akan menjadi sebuah event yang akan menjadi liburan panjang akhir tahun keluarga. Setiap orang di seluruh dunia pastinya tidak ingin melewatkan kegiatan ini bersama keluarga tercinta. Setiap negara, bahkan keluarga memiliki tradisi natal yang berbeda beda. Tidak hanya Indonesia saja yang memiliki tradisi natal yang menyenangkn. Kali ini, kami akan membahas berbagai negara dalam merayakan acara natal unik. Yuk langsung saja simak di bawah ini.

Acara Tradisi Natal di Berbagai Negara

1. Tukar Kado

Tradisi yang pertama ini pastinya sudah tidak asing di dengar oleh telinga kita. Di mana orang Amerika biasanya kental merayakan natal dengan trasisi acara saling tukar kado, memberi kartu ucapan natal, rumah yang penuh dengan hiasan, dan pastinya pohon natal yang dihiasi lampu dan lingkaran dedaunan. Selain menghias pohon natal, umat Kristiani di Amerika juga merayakan natal dengan mengadakan pesta jamuan makan malam bersama keluarga dan teman terdekat. Menu utama kalkun dan tradisi yang masih berkembang hingga sekarang sejak abad ke-18.

2. Pohon Natal

Selanjutnya adalah dekorasi pohon natal, pastinya tidak asing juga oleh umat Kristiani dalam menyambut hari raya natal. Tetapi umat Kristiani di India sangatlah unik, yaitu mendekorasi pohon natal yang dibuat dari pohon mangga ataupun pohon pisang. Karena biasanya pohon natal dihias pada pohohn cemara. Rumah warga di India juga akan dihiasi menggunakan daun mangga ditambah dengan lampu minyak yang diletakkan di setiap atap rumah atau tembok rumah masing-masing.

3. Mendekorasi Rumah

Umat Kristiani di China menyambut hari raya natal dengan tradisi mendekorasi rumah dengan menggunakan hiasan lentera dan kertas. Dalam perayaan Negeri Tirai Bambu ini puncaknya akan terjadi pada tahun baru, pada saat semua anak akan mendapatkan hadiah berupa baju baru, makanan serba mewah, mainan baru, dan juga kembang api. Biasanya foto keluarga atau lukisan akan dipasang di ruangan utama rumah.

4. Menyalakan Lilin

Negara Irak merayakan natal dengan cara berkumpul bersama dan saling bergandengan menyalakan lilin. Kegiatan ini dilakukan saat malam natal yang kudus dan sunyi. Di mana dalam tradisi ini, akan diceritakan sebuah kisah kelahiran Yesus di dunia. Momen tradisi ini akan terasa hangat saat berkumpul bersama dan bergandengan menyalakan lilin. Setelah bercerita kelahiran Yesus, ada sebuah tradisi pembakaran duri-duri dari semak. Maksudnya adalah sebuah simbol umat Kristiani Irak yang akan mengartikan keberuntungan akan menghampiri mereka saat tahun baru. Jika api sudah mati, maka setip orang dalam acara ini akan melompat-lompat di atas permukaan abu serta menyampaikan doa kepada Tuhan agar dikabulkan.

5. Arak-Arakan

Dan yang terakhir adalah tradisi yang dirayakan umat Kroistiani di Bethlehem. Pastinya akan sangat menarik dan meriah, karena negara ini merupakan tempat Yesus di mana lahir ke dunia ini. Natal di Bethlehem, seluruh penjuru kota akan dihiasi umbul-umbul dan hiasan natal. Semua turis juga akan berkumpul di gereja sambil menyaksikan upacara tahunan seperti opera dan arak-arakan di malam hari. Semua rumah umat Kristiani di Bethlehem akan ditandai silang di pintunya, masing-masing akan dipasangkan sebuah bintang berukuran raksasa di alun-alun kota.

Itu dia 5 tradisi natal umat Kristiani yang dirayakan di berbagai penjuru dunai dengan berbagai kegiatan yang seru, menarik, dan berbeda-beda. Sekian informasi ini saya sampaikan, terima kash.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *