Makna Sebuah Natal Bagi Umat Kristiani

Makna Sebuah Natal Bagi Umat Kristiani

Natal adalah sebuah hari raya umat Kristini, yang pastinya akan dirayakan setiap tahun di setiap tempat ibadah gereja. Sekaraang ini, banyaknya berbagai kegiatan perayaan natal yang sungguh salah mengartikan sebuah makna natal itu sendiri. Oleh sebab itu, perlu direnungkan kembali makna dari sebuah natal yang sesungguhnya, sehingga esensi natal tidak hilang begitu saja. Lalu apakah sebuah makna natal menurut alkitab dan pandangan umat Kristiani, Kristen maupun Kathoik? Yuk, langsung saja simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Makna Arti Natal yang Sesungguhnya

1. Natal Merupakan Pengorbanan

Sama halnya dengan arti sebuah ayat alkitab Yoh 3 : 16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anakn-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”. Manusia yang telah jatuh dalam dosa, seharunya mati menanggung segala dosanya, tetapi Allah yang pengasih dan penyayang ela mengorbankan anakNya yang tunggal untuk mati menggantikan diri kita. Pengorbanan Yesus bagi kita telah datang ke dunia untuk membebaskan kitar dari segala belenggu iblis dan dosa yang memberi kita hidup kekal di Sorga bersamanya.

Yesus juga hadir ke dunia ini untuk mengorbankan dirinya sengsara di atas kayu salib untuk menebus segala kesalahan manusia. Yesus hadir ke dunia ini tidak menjadi Tuhan melainkan manusia yang siap berkorban untuk menebus segala manusia. Hal ini dilakukan Tuhan karena sayang dengan kita, agar kita dapat terbebas dari maut yang gelap kejam dan kekal itu.

2. Natal Merupakan Kesederhanaan

Yesus merupakan anak Allah yang kudus lahir bukan di tempat yang megah atau istana. Karena Allah adalah Tuhan yang memiliki  segalanya yang ada di dunia ini, tetapi anaknya Yesus lahir di sebuah palungan di mana tempat itu merupakan tempat makan ternak. Diri-Nya juga tidak lahir dari seornag raja maupun bangsawan, Ia hadir dari sebuah keluarga tukang kayu yang sederhana. Kabar kelahirannya juga tidak diberitakan kepada para raja melainkan kepada para gembala domba yang sederhana.

3. Natal Merupakan Solidaritas

Anak Allah yang kudur rela datang ke dunia menjadi sama seperti manusia. Yesus adalah Tugan yang turun dari singgasanaNya di Sorga dan datang ke bumi dengan cara mengambil rupa seorang manusia dan tinggal di antara manusia. Natal juga diingatkan untuk menunjukkan rasa solidaritas dan persaudaraan terhadap mereka yang terhilang, miskin, menderita, dan terpinggirkan.

4. Natal Merupakan Universalitas

Natal adalah hari bagi semua orang dari segala bangsa. Hal ini tampak dari kedatangan para majus dari timur yang hadir menyembah sang juruselamat. Mereka datang dengan tuntunan oleh Allah melalui bintang yang ada di langit. Natal tidak hanya ditujukan oleh bangsa pilihan Israel saja, tetapi kepada semua bangsa yang ada di bumi. Oleh sebab itu, hari raya Natal dirayakan oleh semua orang yang ada di dunia ini. Yang percaya Yesus adalah Tuhan sang juru selamat manusia yang hidup.

Nah, itu dia 4 makna sebuah natal bagi umat Kristiani yang wajib kalian ketahui. Merayakan sebauh acara natal itu boleh, tetapi kita harus tau maknanya terlebih dahulu. Agar kita tidak salah mengartikan sebuah perayaan natal kepada orang yang tidak percaya kepada Yesus. Makna Natal ini juga harus kita resapi dan dalami, agar kita tahu maksud Tuhan dalam hidup kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *