Kegiatan Besar yang Biasa di Lakukan Umat Kristian saat Menyambut Hari Raya Natal

Kegiatan Besar yang Biasa di Lakukan Umat Kristian saat Menyambut Hari Raya Natal

Natal merupakan sebuah hari kelahiran Yesus Kristus, di mana para umat Kristiani merayakan natal dengan berbagai pernak-pernik natal terpasang di setiap sudut rumah ataupun kota. Di mana umat Kristiani juga sudah mulai sibuk merayakan natal dengan memeasang pohon natal di rumah, membeli baju baru, dan lain sebagainya. Gereja-gereja juga sibuk mempersiapkan hari raya natal dengan mengadakan berbagai persiapan natal di tempat masing-masing dengan latihan tersebut. Semuanya dilakukan untuk menyambut hari besar kelahiran Yesus Kristus. Penasaran kegiatan besar apa saja yang paling sering dilakukan umat kristiani saat menyambut natal? Simak daftarnya di bawah ini.

4 Daftar Kegiatan Besar Umat Kristiani Memperingati Hai Raya Natal

1. MasaAdven

Masa Adven biasanya dilakukan oleh para umat Kristiani Katholik dalam menyambut mempersiapkan hari kelahiran Yesus Kristus yang dilakukan mulai sejak tanggal 1 Desember hingga 24 Desember. Masa Adven bertujuan untuk sebagai perayaan religius yang dilakukan untuk membuat kita lebih dekat lagi kepada Tuhan. Masa Adven juga berarti sebuah masa pertobatan, di aman biasanya umat Katholik mempersiapkan penerimaan sakramen Ekaristi dan Sakramen Tobat.

Sakramen Ekaristi bertujaun para umat Kristiani sadar akan kasih Allah kepada manusia dengan mengaruniak putranya yang kudus untuk bersatu dengan kita. Sedangkan sakramen tobat adalah bertujuan menyadarkan jemaat bahwa kita tidak layak menyambut Kristus karena dosa-dosa kita. Namun, Yesus hadir di dunia untuk menebus segala dosa yang kita buat.

2. Christmas Eve “Malam Natal”

Untuk perayaan ini biasanya gereja merayakannya saat jatuh pada tanggal 24 Desember malam yang menjadi pembuka perayaan natal. Sebagian besar umat Kristiani merayakan ibadah malam kudus di gereja. Di mana umat Kristiani akan merasakan dami natal di tengah prosesi penyalaan lilin di tengah kegelapan serta menyanyikan lagu malam kudus dan berdoa bersama. Atau tidak biasanya banyak juga umat Kristiani yang merayakan malam natal dengan christmas dinner, tukar kado, dan lain sebagainya.

3. Ibadah Bersama

Umat kristiani juga wajib merayakan hari besar kelahiran Yesus Kristus yang lahir tepat di tanggal 25 Desember. Ibadah yang biasa disambut dengan berbagai acara yang diisi dengan nyanyian puji-pujian, khotbah, pembagian kado, hingga puncak acara lainnya. Ibadah natal ini biasanya juga menjadi sebuah acara momen di mana anggota keluarga atau teman-teman bisa merayakan natal bersama dengan ibadah bersama di gereja.

4. Aksi Sosial

Dan yang terakhir adalah sebuah acara kunjungan panti sosial yang biasanya sudah tidak heran lagi dan sudah menjadi agenda tahunan. Di mana kegiatan ini biasa dilakukan gereja dengan berbagai panitia yang akan mempersiapkan segala kegiatan yang mulai dari penetapan jadwal aksos, menjadi atrget, hingga merancang isi acara. Tidak hanya itu, di mana melalui acara ini kita bisa merayakan hari nataol dengan berbagi kasih dan damai natal kepada saudara kita yang tidak seberuntung kita di panti. Biasanya umat Kristiani merayakan bagi hadiah, puji-pujian bersama, games, makan bersama, dan lain sebagainya. Di mana kegiatan ini dilakukan untuk menyampaikan sukacita Yesus Kristus yang hadir ke dunia untuk menyelamatkan semua umat manusia di bumi yang penuh dengan dosa.

Itu dia 4 kegiatan rutinitas umat Kristiani dalam menyambut hari raya natal di bulan Desember yang penuh dengan damai serta sukacita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *