Deretan Kegiatan Besar Umat Kristiani Saat Natal

Deretan Kegiatan Besar Umat Kristiani Saat Natal

Bulan hari raya natal akan tiba pada sekitar 1 bulanan lagi, dimana kita akan dikelilimho berbagai lagu natal dan pernak-pernika ornamen Natal yang sudah terpasang di berbagai sudut kota. Umat Kristiani akan muali sibuk menyambut tibanya hari raya natal tersebut dengan memasang pohon natal di rumah, membeli baju baru, bahkan membuat dan membeli berbagai kue dan juga hadiah. Tidak hanya itu saja, gereja juga akan semakin sibuk mempersiapkan segala perayaan penyambutan hari raya Natal.

Semua ini dilakukan untuk menyambut hari besar umat Kristiani sebagai peringatan hari lahirnya juruselamat kita ke dalam dunia ini. Meskipun sma-sama merayakan nayal, tetapi semua dilakukan dengan berbagai macam tradisi sendiri dalam merayakan natal tersebut. Bahkan negara Idnonesia kita sendiri memiliki beberapa daerah yang berbeda-beda dalam menyambut natal.

Kali ini, kami akan memberitahukan kepada kalian beberapa kegiatan Natal yang sama dan harus dilakukan oelh para umat Kristiani di Indonesia, seperti berikut di bawah ini.

Kegiatan Hari Raya Besar Natal

1. MasaAdven

Deretan Kegiatan Besar Umat Kristiani Saat Natal

Daftar yang pertama inimerupakan masa adven yang dilakukan oleh para jemaat gereja Katholik yang mana kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan kedatangan Tuhan yesus. Kegiatan ini dilakukan mulai dari tanggal 1 Desember hingga 24 Desember. Masa Adven ini memiliki tujuan dan peran agar umat Kristiani tidak melihat hari raya ini sebagai perayaan besar yang dirayakan tiap tahunnya, tetapi akan membuat kita lebih dekat dengan Tuhan Yesus Kristus, masa Adven ini juga merupakan salah satu hari kegiatan masa pertobatan. Persiapan terbaik dalam masa adven ini adalah dengan sering menerima sakramen ekaristis dan juga samramen tobat.

Sakramen ekaristi ini memiliki tujuan gar jemaat sadar akan kasih Allah kepada manusia sehingga ia mengaruniakan puteranya yang tunggal dan satu-satunya untuk bersatu dengan kita manusia. Sedangkan untuk sakramen tobat ini memiliki tujuan untuk menyadarkan kjemaat bahwa kita tidak layak menyambut Kristus karena dosa-dosa kita, tetapi Yesus datang maka kita akan selamat dari berbagai belenggu dosa. Masa Adven ini juga penting untuk kita lebih mengoptimalkan intensitas doa pribadi dan juga pembacaan alkitab.

2. Christmas Eve

Christmas Eve

Malam natal atau disebut sebagai “Christmas Eve” merupakan hari raya natal yang jatuh di tanggal 24 Desember yang menjadi pembuka perayaan natal. Sebagian besar umat Kristiani akan merayakan hari ini dengan ibdaha di gereja. Dimana kegiatan ini akan membuat suasana damai natal yang terasa dan biasanya akan ada prosesi penyalaan lilin. Setiap jemaat juga akan memegang satu lilin yang menyala di tenagh gelapnya riangan dan menyanyikan malam kudus dan jemaat akan berdoa bersama dengan khusyuk. Umat Kristiani akan merayakan malam natal bersama keluarga besar atau bersama dengan kerabat kalian. Kegiatan ini dilakukan mulai dari makan malam bersama, tukarkado, pembagian kado, dan juga games. Malam natal ini akan menjadi sebauh kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat merayakan hari natal.

Nah itu dia 2 kegiatan besar saat Natal yang harus kalian ketahui dan memiliki peran dalam pembukaan hari raya natal. Kegiatan ini akan membuat kita semakin dekat dengan tuhan dan akan menjadi sebuah hal penting bagi pertobatan diri kita untuk emnaymbut hari raya Natal. Ciptakan hari raya natal kalian dengan suasana yang damai dan indah bersama keluarga maupun orang-orang tercinta kalian.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *