Daftar Simbol Dalam Hari Raya Natal Beserta Maknanya

Hari raya natal merupakan salah satu hari besar umat Kristiani dalam menyambut perayaan hari lahir Yesus Kristus ke dunia. Bulan hari raya natal selalu diisi oleh berbagai hiasan yang merupakan sebuah simbol identik sebuah hari raya natal dengan berbagai suasana yang damai dan tenteram. Di mana beragam simbol penanda hari raya natal ini mudah kalian temukan di perayaan natal ini memiliki makna terterntu yang mendalam bagi umat Kristiani. Kali ini, kami akan membagikan beberapa penanda hari raya natal beserta dengan makna yang dimiliki simbol ini. Penasaran? SImak pembahasan berikut ini.

Simbol Penanda & Makna yang Ada di Hari Raya Natal

1. Pohon Natal

Pohon Natal identik dengan pohon cemara yang biasanya tumbuh subur di sepanjang musim dingin. Dimana pohon yang daunnya tetap hijau meski banyak tumpukan salju ini diartikan sebagai harapan dan kehidupan. Tradisi pohon natal ini sendiri berasal dari Jerman, yaitu Santo Bonifasius penyebar agama Kristen di Jerman. Di mana ia berjumpa dengan sekelompok orang yang sedang memuja pohon oak (saxon) dan murka dengan menebangnya. Keajaiban terjadi, dari akar pohon yang tumbang tersebut tumbuh tunas cemara yang dipercaya sebagai tanda kesetiaan orang Kristiani akan imannya.

2. Sinterklas

Filosofi sinterklas memiliki arti kebaikan Tuhan dan Rezeki yang melimpah. Tradisi ini sendiri berawal dari cerita yang mengisahkan St. Nicholas yang merupakan seorang uskup Myra. St. Nicholas dikenal sebagaai seorang yang murah hati, di mana ia bisa memberikan uang serta hadiah tanpa mengungkapkan identitasnya. Dalam memberikan hadiah, St Nicholas juga menggunakan pakaian musim dingin merah yang memiliki bulu. Kisahnya ini berkembang seiring zaman dan menciptakan tradisi Santa Claus yang ditungu oleh anak-anak kecil.

3. Bintang Natal

Bintang juga disebut sebagia simbol natal yang penting dan dikenaala luas. Di mana orang yang bisa melihat bintang tegantung di berbagai tempat selama musim ini, baik di beranda rumah, gereja, jalnan, pohon natal, dan hampir di mana-mana. Simbolisme ini sendiri berasal dari kisah kelahiran Kristus, di mana terdapat sebuah bintang bersinar terang dan cerah di sepanjang malam yang muncul di sebuah langit, tanda kelahiran Yesus Kristus di dunia.

4. Lonceng

Berikutnya adalah lonceng yang dibunyikan untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus. Hal ini merupakan sebagai penanda untuk memberikan kabar dan mengajak seluruh manusia bersukacita dan gembira karena kelahiran juruselamat di dunia. Sekarang ini, lonceng dibunyikan di gereja untuk memperingati dimulainya misa, ataupun perjamuan ekaristi. Simbol yang satu ini digambarkan sebagai lambang kegembiraan dan keceriaan.

5. Lingkaran Natal

Pasti di antara kalian, tidak asing dengan lingkaran natal yang bisanya kalian temukan di pintu masuk. Lingkaran ini mendakan cinta Tuhan yang tidak pernah berakhir. Secara tradisional, karangan ini terbuat dari daun cemara yang di hiasi buah ceri. Di mana buah merah yang ada pada lingkaran natal tersebut mewakili darah Yesus yang tumpah di kayu salib.

6. Lilin

Dan yang terakhir adalah lilin yang mewakili terangnya dunia yang berpusat pada yesus kristus. Yesus turun ke bumi untuk menerangi kegelapan yang menyebar karena dosa yang dilakukan umat manusia. Yesus menunjukkan jalan yang lurus kepada orang-orang dengan cara hidup dan cintanya.

Nah itu dia beberapa simbol yang identik dengan natal dan memiliki makna yang sungguh mendalam di balik simbol tersebut.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *