Daftar Beragam Tradisi Natal Unik & Menarik di Indonesia

Daftar Beragam Tradisi Natal Unik & Menarik di Indonesia

Hari raya natal memang benar-benar menghadirkan kebahagiaan serta kedamaian. Tidak hanya untuk umat Kristiani saja, tetapi juga oleh berbagai kalangan lainnya. Hal ini, dikarenakan bulan hari raya natal akan menjadi bulan liburan akhir tahun dan pesta perayaan. Indonesia sendiri memiliki beragam budidaya yang sangat unik dan menarik. Pada kesempatan ini, kami akan membahas beragam tradisi natal yang akan dihadirkan oleh beragam budaya yang menarik di Indonesia. Penasaran? Simak pembahasan di bawah ini.

Daftar Tradisi Natal Terbaik & Unik Dalam Budaya Indonesia

1. Bakar Batu, Papua

Untuk kalian yang berencana akan menikmati libur natal di Papua, lihatlah upacara yang diadakan di tempat ini. Di mana setiap natal, orang Papua akan selalu merayakan upacara dengan tradisi bakar batu. Tradisi bakar batu sendiri merupakan sebauh perayaan khas Papua, di mana mereka melakukan acara memasak bersama menggunakan batu.

Prosesnya juga sederhana, di mana beragam makanan seperti daging dan sayu akan dikumpulkan bersama dengan kayu bakar, lalu ditutup dengan menggunakan kumpuln batu yang tersedia. Kemudian kayu tersebut, dibakar dan panasnya akan diserap oleh kumpulan batu di atasnya. Sajikan makanan di atas daun untuk dinikmati bersama-sama.

2. Ngejot dan Penjor, Bali

Selanjutnya adalah sebuah tradisi indah yang dilakukan oleh orang-orang Bali. Hari raya natal di Bali akan dilakukan dalam sebuah perayaan bernama Ngejot dan Penjor. Ngejot merupakan tradisi memberikan bingkisan makann menu khas Bali. Tradisi ini juga biasa dilakukan oleh umat Hindu Bali, saat perayaan Galungan. Tetapi saat natal, tradisi ini juga turut dilakukan oelh umat Kristiani di Bali. Perayaan natal juga dihiasi oleh Penjor atau sejenis janur kuning sebagai tanda perayaan natal.

3. Rabo-Rabo, Jakarta

Sebagai ibukota negara, Jakarta juga melakukan kegiatan tradisi natal. Suku asli Jakarta yang berada di wilayah kampung Tugu, di Koja Jakarta Utara memiliki tradisi natal yang unik. Umat Kristiani di Jakarta sering merayakan natal dengan sebuah tradisi bernama Rabo-Rabo. Rabo-Rabo merupakan sebuah tradisi memainkan lagu natal dengan menggunakan musik keroncong, sambil berkeliling dari rumah ke rumah.

4. Meriam Bambu, Flores

Berikutnya adalah dengan melakukan tradisi unik menembakkan meriam yang terbuat dari bambu. Warga Flores akan merayakan acara ini, dan di lakukan oleh berbagai kalangan ikut memeriahkan tradisi meriam bambu ini. Meriam yang digunakan tradisi ini juga menggunakan bahan tradisional yang aman. Selama meriam ditembakkan akan ada dentuman yang menggema luas, dan langit malam Flores akan dihiasi oleh kembang api yang penuh warna meriah.

5. Wayang Kulit Kristus, Yogyakarta

Tradisi natal lainnya adalah acara tradisi yang dilakukan oleh para warga Yogyakarta. Yogyakarta memang terkenal dengan budaya dan seni. Warga Yogyakarta akan merayakan tradisi natal menggunakan kesenian wayang. Di mana melalui budaya wayangnya akan diceritakan kembali bagaimana hari kelahiran Yesus Kristus ke dunia.

6. Kunci Taon, Manado

Tradisi yang terakhir adalah di mana masyarakat Manado akan merayakan natal di mulai sejak tanggaal 1 Desember. Kunci Taon ini sendiri dalam bahasa Indonesia adalah “Pengunci Tahun”, yang artinya perayaan ini dilakukan sebagai penanda penutupan perayaan Natal sekaligus perayaan tutup tahun. Warga Manado juga akan merayakan berpesta kostum bertema natal dan berpawai keliling kota Manado.

Itu dia 5 daftar tradisi natal yang dilakukan dan dimeriahkan oleh berbagai budaya yang ada di Indonesia. Sekian informasi ini kami sampaikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *