Cara Umat Kristiani Menyambut Hari Raya Natal

Cara Umat Kristiani Menyambut Hari Raya Natal

Natal adalah bahasa portugis yang berarti kelahiran, hal ini juga diperingati sebagai hari raya umat Kristiani setiap jatuh pada tanggal 25 Desember sebagai memperingati hari raya kelahiran Yesus Kristus. Dimana pada hari raya Natal ini, seluruh umat Kristiani menyambut baik hari itu. Penyambutan Natal juga dilakukan dengan cara yang seru, menarik, dan pastinya meriah. Penasaran, cara apa saja yang dilakukan umat Kristiani dalam menyambut hari raya Natal? Simak penjelasannya berikut ini.

Kegiatan Untuk Memperingati Hari Kelahiran Yesus Kristus  

1. Dekorasi Pohon Natal

Dimana hari Natal itu identik dengan lambang pohon Natal yang terang dan indah. Cara umat Kristiani merayakan natal adalah mendekorasi pohon na   tal dengan berbagai aksesoris serta lampu natal yang indah. Pohon natal bisa kita dekorasi di sudut rumah kita, gereja, serta mall. Bahkan di luar negeri, mereka mendekorasi pohon cemara sekeliling jalan kompleks dengan hiasan natal yang indah.     

2. Christmas Dinner

Selain itu, banyak juga umat Kristiani yang merayakan Natal dengan melakukan kegiatan makan malam untuk berkumpul bersama keluarga, sahabat, dan lainnya untuk menantikan hari Natal tiba. Christmas Dinner biasanya dilakukan pada malam natal tanggal 24 Desember malam. Christmas Dinner bisa kalian lakukan di beberapa restoran ataupun rumah kalian.

3. Tukar Kado

Umat Kristiani juga merayakan Natalnya dengan menukar kado dengan komunitasnya atau dengan sanak saudara. Tukar kado bahkan sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan para umat kritiani saat menyambut hari Natal. Tukar kado biasanya dilakukan saat malam natal, sambil menunggu detik-detik menyambut hari Natal. Kegiatan tukar kado juga biasa dilakukan saat Christmas Dinner, sehabis makan sobat.

4. Ibadah Malam Natal

Banyak gereja juga yang mengadakan ibadah kebaktian saat menjelang Natal tiba. Biasanya ibadah ini juga disebut sebagai ibadah malam kudus. Dimana Umat Kristiani percaya malam Natal sebagai malam kudus dimana Allah mengasihi semua manusia dengan menghadirkan Yesus Kristus di malam tersebut.

5. Rabo Rabo

Kegiatan ini dilakukan oleh umat Kristiani Kampung Tugu di Cilincing Jakarta Utara dalam merayakan Natal dengan cara unik. Dimana kegiatan ini dilakukan setelah selesai ibadat di gereja, bermula di beberapa orang yang mengunjungi rumah lainnya dengan di iringi musik. Dimana rumah keluarga yang dikunjungi wajib mengikuti rombongan untuk mengunjungi rumah lainnya. Di akhir acara ini, setiap orang dalam rombongan akan diwarnai dengan bedak warna warni yang merupakan simbol “Penebusan Dosa dan Saling Memaafkan”.

6. Kunci Taon atau Kuncikan

Selanjutnya ini merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan di Manado. Dimana umat Kristiani Manado merayakan Natal sejak 1 Desember dan menyebutnya sebagai hari Pra-Natal. Lagu-lagu Natal terdengar di seluruh pelosok kota Manado, baik di pertokoan, restoran, hingga angkutan kota. Para pemuda di Manado akan mengadakan pawai sinterklas dengan mengunjungi rumah-rumah untuk memberikan hadiah dan nasehat kepada anak-anak yang dijumpai.

Demikianlah 6 kegiatan yang dilakukan umat Kristiani dalam menghiasi hari Natal. Kegiatan ini dilakukan untuk membagikan kebahagiaan dan kedamaian kepada dunia, karena Yesus Kristus telah hadir ke dunia, untuk menyelamatkan semua umat manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *