Cara Menyampaikan Makna Natal Kepada Anak-Anak Sekolah Minggu

Natal merupakan salah satu hal yang paling sangat dinantikan oleh seluruh anak Kristiani di dunia. Sejak kecil, kita telah belajar Natal identik dengan pesta bahkan hadiah dan acara-acara yang menarik. Hari raya Natal bagi guru sekolah minggu merupakan sebuah kesempatan emas bagi guru sekolah Minggu untuk menympaikan firman Tuhan kepada anak-anak, memberitakan peristiwa luar biasa dimana Tuhan yesus lahir ke dunia sebagai seorang bayi menebus segala dosa umat manusia. Menyampaikan maakna natal kepada anak-anak bukanlah suatu hal yang mudah. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa ide atau cara menyampaikan berita natal agar bermakna secara rohani kepada anak-anak. Simak cara penyampaian makna di bawah ini.

Tips Mengungkapkan Makna Natal Kepada Anak

1. Sikap Orang Dewasa

Untuk membuat acara Natal benar-benar bermakna spiritual kepada anak-anak, sikap orang dewasa adalah menjadi kuncinya. Kalian bisa menjelaskan makna natl kepada anak-anak adalah dengan mengungkapkn sukacita, penjelasan singkat serta sederhana, serta mengkombinasi dengan makanan yang nikmat dan lezat. Karena hal ini merupakaan cara terbaik untuk menolong anak-anaka dapat menikmati dan memulai memahami perayaan yang sungguh penting.

2. Dekorasi

Dekorasi Natal berfungsi sebagai simbol kebenaran Alkitab yang merupakan hal indah bagi anak untuk dikenalkan pada pohon natal, hiasan serta lampu warna warni sebagai hal yang lebih dari sekedar latar belakang dari tumpukan hadiah yang beraneka warna. Bahkan menggunakan berbagai atribu natal sebagai bukti merayakan hari natal yang indah dan damai.

3. Hadiah Natal

Selanjutnya bisa juga dengan konsep memberi hadiah kepada orang lain di luar kelompok tersebut. Kalian bisa berunding dengan anak-anak untuk memutuskansiapa yang kan diberi hadiah sebagai kejutan dan apa yang ingin diberikan. Dengan melibatkan anak-anak dalam merencanakan hadiah, serta melakukannya, anak-anak akan memiliki berbagai pengalaman berharga dalam memberi tanpa mengharapkkan untuk menerima timbal balik.

4. Menyanyikan Lagu-Lagu Natal

Berikutnya adalah dengan menyanyikan serta menikmati lagu-laagu yang akan dinyanyikan. Kalian bisa mengikut-sertakan lagu “Away in a Manger, Jingle Bells, dan masih banyak lagi. Untuk lebih menarik lagi, kalian bisa menciptkan lagu-lagu Natal baru serta menggunakan nada yang akrab bagi telinga dan menggantikannya dengan kata baru mengenai kisah natal.

5. Video Animasi atau Panggung Boneka

Kalian juga bisa mengjarkan makna sebuah natal kepada anak dengan membagikan sebuaah makna naatal atau cerita melalui video animasi yang rmah akan anak-anak ataupun dengan menggunakan panggung boneka yang lucu dan menarik. Kedua media ini merupakan media yang paling sering digunakan pembimbing sekolah minggu untuk mengajarkan sebuah makna penting apa itu hari raya naatal.

6. Ajang Perlombaan

Untuk mengasah kreativitas serta kecerdasan anak mengenai firman Tuhan, para pembimbing anak sekolah minggu bisa mengadakan berbagai kuis menarik atau sebuah ajang perlombaan menarik yng akan diikut sertakan oleh anak sekolah minggu untuk memperoleh kemenangan dalam ajang perlomban ini. Selain melatih kecerdasan serta keterampilan ini, kita juga dapat mengetahui seberapa mendalaminya anak akan firman Tuhan.

Nah itu dia beberapa kegiatan yang kmai rekomendasikan kepada pembibing gereja untuk merayakan acara natal kepada anak-anak. Lakukan beberapa cara kegiatn yang ada di atas ini, untuk membuat anak sekolah minggu ceria merayakan sebuah acar natal dengan memperoleh makna sebuh natal bagi dirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *